Rahasia Kenapa Kemeja Flanel Identik dengan Motif Kotak dan Kebebasan

Rahasia Kenapa Kemeja Flanel Identik dengan Motif Kotak dan Kebebasan

Gaya berpakaian merupakan salah satu produk budaya yang muncul dari kejadian sejarah. Popularitas  yang kini kian menanjak juga tidak lepas dari sejarah dan karakter dari pakaian itu sendiri. Tak hanya sebatas penampilannya yang menarik, kemeja ini ternyata juga syarat akan makna. Motif kotak-kotak pada kemeja ini juga sangat identik dengan kebebasan dan pemberontakan. Namun apa yang membuatnya demikian?

Awal Mula Kemeja Flanel

Kemeja flanel yang dikenal saat ini sebenarnya berasal dari kilk, yakni pakaian tradisional penduduk Skotlandia yang terbuat dari bahan wol. Pakaian selutut ini tampil dengan motif kotak-kotak yang kemudian menjadi karakter dari kilk.

Pada awalnya, tartans bercorak kotak-kotak ini hanyalah pakaian biasa saja. Akan tetapi pada tahun 1746, setelah pertempuran Killecrankie berakhir, motif plaid atau kotak-kotak mulai dilarang oleh pemerintah Inggris. Hal ini dikarenakan motif tersebut telah dicap sebagai seragam pemberontak Skotlandia yang mendambakan kemerdekaan. Karena itulah motif kotak-kotak dan kemeja flannel kini identik dengan kebebasan dan pemberontakan.

Kemeja Flanel, Cerita Legenda, Film dan Musik Grunge

Popularitas kemeja flanel pria semakin melambung seiring dengan kemunculannya di beberapa karya tulis, film dan musik. Pada tahun 1914, kemeja ini menjadi pakaian seorang sosok penebang kayu sekaligus pahlawan rakyat. Pada tahun 1970, musisi band rock Creedence Clearwater Revival, John Fogerty turut mempopulerkan kemeja ini. Kemeja flanel juga sempat menjadi tren pada tahun 1979 berkat film berjudul “The Dukes of Hazzard”. Film ini jugalah yang kemudian menjadi kebangkitan kemeja flanel cewek.

Kemeja flanel juga memiliki hubungan yang cukup dekat dengan musik rock khususnya grunge. Pada tahun 1990, popularitas kemeja ini kembali terdongkrak seiring dengan populernya musik grunge. Pada kala itu, Nirvana lah yang mengangkat kembali style kemeja flanel. Selain itu, kemeja ini juga turut dipopulerkan oleh musisi rock lain seperti Axl Rose yang merupakan vokalis band Guns N Roses. Karena kedekatan kemeja ini dengan musik beraliran rock yang sarat akan kebebasan, karakter kemeja ini pun semakin identik dengan kemerdekaan.

Saat ini, kemeja ini telah menjadi milik semua kalangan. Memperolehnya juga semakin mudah. Anda bisa memperolehnya di situs jual kemeja flanel.

12568238_721605114654149_1973808462_n

Share this post
  , ,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *